Jumat, 15 November 2013

Rancangan program Public Relation untuk promosi Layanan /koleksi Referensi Soeman Hs .

gedung perpustakaan soeman hs
gedung perpustakaan soeman hs

A.Tujuan
Meningkatkan pemanfaatan koleksi referensi pada perpustakaan Soeman Hs dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembelajaran sekaligus membangun dan mengembangkan kreativitas, minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan,sehingga layanan dapat tepat guna bagi pencari informasi yg membutuhkan data dari salah satu koleksi rerferensi.

B.Sasaran program.
 Yang menjadi sasaran dalam program ini adalah pemustaka (mahasiswa/i,siswa/I,umum,dll) .
  • mensosialisasikan kebijakan baru tentang pemanfaatan koleksi referensi perpustakaan pada pengguna perpustakaan
  • meningkatkan jumlah pengunjung layanan referensi di perpustakaan sehingga keterpakaian koleksi referensi perpustakaan, baik yang dibaca atau dipinjam dapat diketahui peningkatannya.
 C.Tindakan dan program komunikasi .
Untuk mencapai tujuan yg telah di tentukan perpustakaan dengan pengguna jasa perpustakaan maka perlu disusun tindakan yang mampu meningkatkan penerimaan pengguna terhadap perpustakaan disamping perpustakaan harus melakukan komunikasi dengan pengguna jasa perpustakaan sehingga koleksi layanan referensi yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan antara lain:
  • Segera melakukan sosialisasi apabila ada kebijakan baru di perpustakaan
  • Memberitahukan/menginformasikan tentang jenis-jenis koleksi referensi yang dimiliki perpustakaan
  • Melakukan bimbingan pemakai secara berkala pada pengguna jasa perpustakaan
  • Menambah koleksi referensi terbaru serta Menyebarkan informasi tentang tambahan koleksi referensi baru di perpustakaan dengan cepat,
  • Menempatkan koleksi baru pada tempat yang strategis (mudah terlihat oleh pengguna)
  • Melakukan entri data pada koleksi baru sesegera mungkin agar pengguna dapat mengakses dengan cepat dan tepat
  • Memelihara jajaran koleksi referensi  pada tempat yang tepat (sesuai klasifikasinya)
  • Bersedia dengan sukarela membantu pengguna dalam proses temu kembali informasi

komponen strategi komunikasi untuk mendukung program tersebut antara lain berupa:
  • Komunikasi yang bertujuan menginformasikan pengguna perpustakaan tentang tindakan-tindakan yang diambil oleh perpustakaan pada layanan koleksi referensi
  • Komunikasi untuk membujuk pengguna perpustakaan agar mendukung tindakan-tindakan yang diambil.
  • Komunikasi untuk menarik pengguna untuk menggunakan layanan koleksi referensi yg telah tersedia .

D.Media
Berbagai media komunikasi yang digunakan dapat berbentuk:
  • Brosur
  • pamflet
  • Katalog pameran
  • Display/Pameran
  • Jurnal internal (newsletter, majalah dinding)
  • Papan pengumuman
  • Daftar tambahan koleksi baru
  • Banner
  • Membuat undangan khusus kepada target pengunjung .
  • Laporan tahunan

E.Evaluasi program
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan program-program yang dijalankan. Hasil dari program dapat diukur berdasarkan kenaikan jumlah pengunjung dan jumlah peminjam koleksi perpustakaan. Disamping itu dapat juga dilakukan melalui :
  • survey terhadap sikap pengguna jasa layanan koleksi referensi  perpustakaan ,
  • respon terhadap artikel dalam jurnal internal,
  • masukan dalam rapat tim pelaksanaan program .
  • kuesioner,
  • memantau pemberitaan dari media,
  • kotak saran
dengan demikian kita bisa tau sejauh mana titik yang telah dicapai dalam rancangan yg telah dibuat dan diatur sedemikian rupa .



2.Rancangan program public relation untuk promosi layanan anak pada perpustakaan Soeman Hs

A.Tujuan
Meningkatkan minat anak , Layanan anak ini terbuka untuk umum dan diberikan secara gratis, diharapkan dapat merangsang dan menumbuhkan minat baca anak-anak sejak usia dini, dan juga untuk merangsang minat anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan.serta mengenalkan perpustakaan sebagai gudang ilmu atau sumber ilmu pengetahuan .


B.Sasaran program.
 Yang menjadi sasaran dalam program ini adalah anak-anak mulia dari golongan usia dini,tk,sd.
  • Menarik perhatian anak untuk berkunjung ke perpustakaan ,
  • Merangsang serta menanamkan minat baca pada anak sejak usia dini ,karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yg besar dalam fase usia nya.
  • Serta membantu tumbuh kembang anaka dalam proses pembelajarannya .

 C.Tindakan dan program komunikasi .
 Untuk mencapai tujuan yg telah di tentukan perpustakaan Soeman Hs pada layanan anak , maka perlu disusun tindakan yang mampu meningkatkan menarik perhatian anak-anak terhadap perpustakaan, disamping perpustakaan harus melakukan komunikasi dengan pustakawan atau pun bekerja sama dengan para guru sekolah yang terkait dalam tumbuh kembang anak dalam prosese  pembelajaran ,sehingga layanan anak pada perpustakaan yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan antara lain:
  • Segera melakukan sosialisasi apabila ada kebijakan baru di perpustakaan
  • Memberitahukan/menginformasikan tentang layanan anak yang dimiliki perpustakaan
  • Melakukan bimbingan terhadap anak –anak dibantu oleh pustakawan langsung atau keikutsertaan guru pembimbing .
  • Menambahkan layanan anak,juga koleksi terbaru yg menarik seperti permainan yg bersifat edukatif . Alat permainan yang ada pada layanan anak ini antara lain; berbagai macam mainan puzzle, kotak angka, wire game, sliding car, boneka, sempoa, papan/menara angka, alpabhet berdiri, pohon alphabet, papan jahit 3 dimensi, dan masih banyak lagi alat permainan yang lainnya.
  • Bersedia dengan sukarela membantu anak-anak dalam proses pengenalan perpustakaan

komponen strategi komunikasi untuk mendukung program tersebut antara lain berupa:
  • Komunikasi yang bertujuan menginformasikan kepada guru pembimbing disetiap sekolah ,atau orangtua anak-anak itu sendiri mengenai perpustakaan tentang tindakan-tindakan yang diambil oleh perpustakaan pada layanan anak.
  • Komunikasi untuk menarik perhatian anak untuk ke perpustakaan agar mendukung tindakan-tindakan yang diambil.


D.Media
Berbagai media komunikasi yang digunakan dapat berbentuk:
  • Brosur
  • pemflet
  • Katalog pameran
  • Jurnal internal (newsletter, majalah dinding)
  • Papan pengumuman
  • Daftar tambahan koleksi baru
  • Banner
  • Laporan tahunan
E.Evaluasi program
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan program-program yang dijalankan. Hasil dari program dapat diukur berdasarkan kenaikan jumlah pengunjung dan jumlah peminjam koleksi perpustakaan. Disamping itu dapat juga dilakukan melalui :
  • survey terhadap perkembangan anak terhadap layanan anak di perpustakaan
  • respon terhadap artikel dalam jurnal internal,
  • masukan dalam rapat tim pelaksanaan program .
  • kuesioner,
  • memantau pemberitaan dari media,
  • kotak saran
dengan demikian kita bisa tau sejauh mana titik yang telah dicapai dalam rancangan yg telah dibuat dan diatur sedemikian rupa .


3.Rancangan kegiatan Story telling di perpustakaan Soeman Hs .

A.Tujuan .
Kegiatan ini bertujuan untuk  anak-anak usai dini yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Karena itu sangat tepat bila pada anak-anak diperkenalkan buku-buku yang sesuai dengan alam pikiran anak-anak. Buku tersebut dapat dibacakan oleh pustakawan dan guru dengan cara yang menarik seperti mendongeng sehingga mendapatkan tanggapan atau respon dari anak-anak usia dini ,seperti tk dan sd .


B.Sasaran kegiatan .
Yang menjadi sasaran dalam penyelenggaraan layanan story telling adalah para murid TK dan SD , Story teller atau pendongeng dapat dari 1 (satu) orang guru dari masing-masing TK dan SD yang diundang sebagai peserta, dan 1 (satu) orang Pustakawan dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Riau .

C.tindakan dan komunikasi program kegiatan
Untuk mencapai tujuan yg telah di tentukan perpustakaan Soeman Hs pada kegiatan Story telling ,maka perlu disusun tindakan yang dapat  menarik perhatian anak-anak untuk mengikuti kegiatan story telling di perpustakaan Soeman Hs, disamping perpustakaan harus melakukan komunikasi dengan pustakawan atau pun bekerja sama dengan para guru sekolah yang terkait dalam mendukung kegiatan ,sehingga anak dapat teroganisir untuk berkumpul di  perpustakaan ,sehingga acara dapat berjalan sesuai dengan rancangan nya .Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan antara lain:
  • Segera melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tk atau pun sd untuk ikut serta dalam kegiatan Story telling .
  • Memberitahukan/menginformasikan tentang kegiatan Story telling kepada guru pembimbing anak disetiap sekolah .
  • Melakukan bimbingan terhadap anak –anak dibantu oleh pustakawan langsung atau keikutsertaan guru pembimbing .
  • Mengumpulkan anak-anak di temapt acara kegiatan yg akan dilaksanakan sesuai dengan waktu dan tempat yg telah disediakan .
o    Materi Story Telling adalah cerita yang mengandung makna tentang budi pekerti, akhlak, moral, ajaran-ajaran agama, nilai-nilai perjuangan, kecintaan akan bangsa dan tanah air yang di muat dalam : cerita rakyat ,kisah’’pahlawan ,kisah nabi dan rasul ,kisah tentang tumbuhan dan hewan .
  • Berusaha menarik perhatian serta menciptakan rasa nyaman terhadap anak selama kegiatan berlangsung .
 D.Media
Berbagai media komunikasi yang digunakan dapat berbentuk:
  • Brosur
  • pamflet
  • pameran
  • Jurnal internal (newsletter, majalah dinding)
  • Papan pengumuman
  • Banner
E.Rangkaian kegiatan yg akan dilaksanakan .
   Tema :  story telling .
   Tempat : panggung story telling pada layanan anak di perpustakaan Soeman Hs .
   Waktu : sabtu ,26-oktober-2013 ,pukul : 09.00 -selesai
   Peserta : anak usia dini (TK-PAUD,SD (kls.1-3)
F.Evaluasi kegiatan
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan kegiatan yang dijalankan. Hasil dari kegiatan dapat diukur berdasarkan jumlah anak yg mengikuti kegiatan Story telling ,Disamping itu dapat juga dilakukan melalui :
  • survey terhadap perkembangan anak terhadap setelah mengikuti kegiatan Story telling .
  • respon terhadap artikel dalam jurnal internal,
  • masukan dalam rapat tim pelaksanaan program .
  • kuesioner,
  • memantau pemberitaan dari media,
  • kotak saran

dengan demikian kita bisa tau sejauh mana titik yang telah dicapai dalam rancangan yg telah dibuat dan diatur sedemikian rupa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar